Minggu, 02 Oktober 2011

pengertian mizan dan hikmahnya


Secara bahasa Mizan berarti: Apa-apa yang digunakan untuk mengukur berat dan ringannya sesuatu.
Adapun secara istilah Mizan adalah: alat yang mempunyai dua daun timbangan yang nyata yang dipasang untuk menimbang amal para hamba yang baik maupun yang buruk, tidak dapat melakukannya kecuali Allah.
Timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan), Maka barangsiapa berat timbangan kebaikannya, Maka mereka Itulah orang-orang yang beruntung.
Dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, Maka Itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, disebabkan mereka selalu mengingkari ayat-ayat kami.(QS; al-A’rof 8-9)
Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, Maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. dan jika (amalan itu) Hanya seberat biji sawipun pasti kami mendatangkan (pahala)nya. dan cukuplah kami sebagai pembuat perhitungan.(al-Anbiya’47).
Mereka itu orang-orang yang Telah kufur terhadap ayat-ayat Tuhan mereka dan (kufur terhadap) perjumpaan dengan Dia, Maka hapuslah amalan- amalan mereka, dan kami tidak mengadakan suatu penilaian bagi (amalan) mereka pada hari kiamat.(al-Kahfi 104).
Hikmah dari adanya mizan bahwa agar manusia ingat akan kewajibannya bahwa mereka di ciptakan hanya untuk beribadah sebagai mana dalam firman allah swt :



Yang artinya : dan aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku


 Salah lebihnya mohon maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar